Winglet..? Apa Maksud dari Aerodinamika dan Downforce..?

Singkatnya, aerodinamika adalah aliran angin yang terbentuk dari sebuah benda yang sedang bergerak. Aliran angin ini akan disebut aerodinamis apabila alirannya rapi mengikuti kontur benda yang dilaluinya.. Desain kendaraan dari awal mula hingga saat ini mengalami banyak kemajuan sehingga semakin lama bentuk kendaraan semakin mempertimbangkan aspek ini..

Nah, aliran udara inilah yang menciptakan downforce pada kendaraan. Downforce sendiri adalah gaya tekan ke bawah yang disebabkan oleh angin.. Downforce ini memiliki memiliki dampak positif dan negatif pada kendaraan..


Dampak positifnya adalah menambah beban kendaraan. Secara umum kendaraan yang baik biasanya memiliki bobot yang pas sesuai dengan kubikasi mesin sehingga stabil saat digunakan, nah beban tambahan dari downforce ini sengaja dirancang oleh pakar desain dan aerodinamika untuk menambahkan bebean sesuai dengan kecepatan kendaraan, semakin cepat kendaraan ini dapat melaju, tekanan ke bawah yang didapat dari aliran angin juga bertambah agar kendaraan tidak goyang dan stabil..

Dampak positif kedua adalah menambah cengkeraman kendaraan pada permukaan jalan.. Secara perlahan, kecepatan tinggi akan menambah beban ke bawah dan membuat cengkeraman ban semakin tinggi.. Ini sangat berpengaruh pada pengendalian motor..

Kekurangannya, akan mengurangi kecepatan kendaraan, jika downforce terlalu besar, akibat beban kendaraan terlalu berat, jika dianalogikan..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram