Honda CB190R/CBF190R Digadang-gadang Menjadi Pesaing Yamaha Xabre


Setelah kemarin kita membahas mengenai sebuah aliran modifikasi motor yang sedang cukup ngetren, yakni Minor Fighter yang terkesan gagah dan macho dengan buntut nungging dan body kekar, ternyata setelah searching kemarin, saya menemukan sebuah motor yang digadang-gadang menjadi lawan tangguh Yamaha Xabre..

Secara desain, saya akui Honda memang memiliki desain yang menarik dengan tetap mempertahankan ciri khas Honda yang terkesan lebih formal dan menjaga gengsi sebagai produsen motor ternama dan lebih mengarah kepada para profesional yang rata-rata sudah berpenghasilan dan menginginkan motor yang berkelas.. imho..


Kabarnya motor ini diluncurkan di China pada September 2015 lalu.. Memang sudah cukup lama, tetapi semoga saja artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda sekalian..Sayangnya, kubikasi yang sedikit berbeda dipastikan menjadikannya kurang pas disandingkan dengan Xabre.. Tetapi berdasarkan data yang saya dapat, ternyata kedua motor ini memiliki power yang tidak terlalu jauh dengan Xabre, yakni 18,7 HP pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 15 Nm pada 7.000 rpm untuk CB190R dan 16 HP dan 14,3 Nm pada 7,500 rpm untuk Xabre.. Itulah yang sedikit dipermasalahkan dengan CB190R, tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin 184cc-nya terbilang kecil..

Tetapi, di samping itu semua, terdapat beberapa kelebihan seperti suspensi terbalik (upside-down), ban lebar 110 mm depan dan 140 mm belakang, tangki padat dan berisi, model layaknya minor / streetfighter, underbelly muffler dan headlamp yang mirip dengan Z1000 yang sudah dibekali LED, tidak hanya depan, namun juga belakang dan sein.. Untuk harganya, masih terbilang mahal dengan 48,9 juta untuk versi standar dan 50,6 juta rupiah untuk versi Repsol..


Berikut pilihan warna yang ada untuk versi CB190R, yakni Intense Red, Diamond Black, Matte Grey, Hyun Flash Yellow dan GP Orange..

Dan juga 5 warna versi CBF190R, yakni Pearl Black, Large White Shark, Fluorescent Red, Alice Grey dan Red-White-Blue khas Honda..


Tipe CB dan CBF sebetulnya serupa, hanya berbeda dealer, dimana CB dipasarkan Wuyang-Honda Motorcycles dan versi CBF dijual oleh Honda Motor Co. Kedua, perbedaan warna dan livery seperti yang saya tuliskan di atas dan menurut sumber yang saya baca, perbedaan warna blok mesin, hitam pada CB dan emas pada CBF.. Tetapi dari gambar yang saya dapat, warna blok mesin masih tercampur.. Jika motor ini dapat dilokalkan dengan segala kelebihannya, maka saya pikir ini akan menjadi pesaing tangguh Xabre.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram